Minggu, 30 Oktober 2011

Artikel Nilai Waktu Uang ( Manajemen Keuangan )


A.   BUNGA MAJEMUK DAN NILAI MASA YANG AKAN DATANG ( FUTURE VALUE )

Rupiah saat ini selalu dihargai lebih tinggi daripada rupiah nanti. Kalau seseorang diminta memilih untuk menerima Rp. 1.000.000 saat ini ataukah misalnya, Rp. 1.000.000 sepuluh tahun yang akan datang dia tentu akan memilih untuk saat ini.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa, nilai uang Rp. 1.000.000 yang anda punya sekarang tidak sama dengan Rp. 1.000.000 pada sepuluh tahun yang lalu atau sepuluh tahun kemudian. Hal sebaliknya akan berlaku apabila kita harus membayar atau mengeluarkan uang. Banyak para mahasiswa yang “ mempraktekkan “ hal ini. Mereka cenderung untuk membayar SPP mereka pada hari – hari terakhir batas pembayaran. Kalu jumlah yang dibayar sama besarnya, mengapa harus membayar lebih awal, kalau upaya untuk membayar sama saja?
Konsep ini penting disadari karena dalam situasi inflasi dianggap tidak terlalu serius, perusahaan mungkin menggunakan historical cost dalam pencatatan transaksi keuangan, dan diterapkan prinsip bahwa satuan moneter dianggap sama. Padahal nilai uang pada waktu yang berbeda tidaklah bisa dianggap sama.
Konsep time value of money ini sebenarnya ingin mengatakan bahwa jika Anda punya uang sebaiknya -bahkan seharusnya- diinvestasikan, sehingga nilai uang itu tidak menyusut dimakan waktu. Sebab, jika uang itu didiamkan, ditaruh di bawah bantal, brankas, atau lemari besi maka uang itu tidak bekerja dan karenanya nilainya semakin lama semakin turun.
Sebagian besar dari kita mengenal konsep bunga majemuk sejak usia muda. Siapapun yang pernah memiliki rekening tabungan atau membeli oblegasi pemrintahpasti akan mendapat bunga majemuk. Bunga majemuk terjadi ketika bunga yang di bayarkan selama periode pertama ditambah kan pada pokoknya, kemudian selama periode kedua bunga yang diterima dihitung berdasrkan jumlah yang baru ini.
Bunga Majemuk adalah penjumlahan dari uang pada permulaan periode atau jumlah modal pokok dengan jumlah bunga yang diperoleh selama periode tersebut.

Rumusan umum :

FVn = PV(1 + i )n

Ket :
FVn        = Nilai masa depan investasi n tahun
PV          = Jumlah investasi awal
n             = Jumlah tahun
i               = Tingkat suku bunga


Contoh kasus :
Nova menyimpan uang sebesar Rp. 1.000 di bank DKI dengan tingkat suku bunga 6 % setahun.
• Uang pada tahun pertama
FV1 = PV(1 + i )
= 1.000 ( 1 + 0,06 )
= 1.000 ( 1.06 )
= 1.060
• Uang pada tahun ke empat
FV4 = PV(1 + i )4
= 1.000 ( 1.06 )4
= 1.262
B.   Menghitung Pertumbuhan Uang Dalam Perjalanan Waktu Dengan Bantuan Kalkulator Keuangan
            Dalam memecahkan permasalahan nilai waktu uang dengan kalkulator keuangan. Anda akan diberikan tiga atau empat variabel dan harus bisa memecahkan variabel yang ke empat. Ketika anda menggunakan kalkulator keuangan, ingatlah bahwa arus kas keluar biasanya dimasukan dengan angka negatif. Secara umum, setiap soal mempunyai dua arus kas: satu arus kas dengan nilai negatif dan yang satunya, arus kas masuk dengan nilai positif. Untuk menyelesaikan persoalan nilai waktu uang menggunakan kalkulator keuangan, yang harus dilakukan adalah memasukan angka angka dari tiga atau empat variabel yang ada kemudian tekan kunci variabel akhir yang akan menghitung nilainya.

C.   Spreadsheet dan Nilai Waktu Uang
            Dalam kenyataannya hampir setiap perhitungan melibatkan pergerakan nilai uang melalui waktu dibantu dengan menggunakan spreadsheet. Ada beberapa spreadsheet yang sering digunakan, yang paling populer adalah microsoft excel.

D.   Bunga Majemuk dengan Periode Non Tahunan
            Hingga saat ini, kita mengasumsikan, bahwa periode pemajemukan selalu dalam tahunan; namun, tidak selalu demikian, itu terbukti pada tabungan dan pinjaman dari lembaga keuangan maupun bank komersial yang pemajemukannya dalam periode kuartalan dan bahkan dalam beberapa kasus dilakukan berdasarkan harian.
Untuk mencari nilai masa depan suatu investasi yang dimajemukan dalam periode non-tahunan :

FVn = PV(1 + i/m )nm
Ket :
FVn    = Nilai masa depan investasi n tahun
PV      = Jumlah investasi awal
n         = Jumlah tahun
i           = Tingkat suku bunga (diskonto)
m = Jumlah berapa kali pemajemukan terjadi
Contoh kasus :
Nova akan menabung $ 100 dengan tingkat suku bunga 12% dimajemukan dengan kuartalan, berapa pertumbuhan investasi tersebut di akhir tahun kelima?


PV  = $ 100
i       = 12 % (0,12)
n     = 5
m  = 4

Perhitungan :
FVn        = PV(1 + i/m )nm
FV5        = $ 100(1 + 0,12/4 )4.5
                        = $ 100(1 + 0,3 )20
                        = $ 100 (1.806)
                        = $ 180,60

E.    Nilai Sekarang ( Present Value)
            Nilai sekarang adalah nilai sekarang dari pembayaran masa depan.Yang dilakukan adalah dengan pemajemukan terbalik. Present Value ( nilai sekarang ) merupakan kebalikan dari compound bvalue ( nilai majemuk ) adalah besarnya jumlah uang, pada permulaan periode atas dasar tingkat bunga tertentu dari jumlah uang yang baru akan diterima beberapa waktu / periode yang akan datang. Tingkat diskonto (discount rate) adalah tingkat pengembalian atas suatu investasi beresiko sama yang akan didiskontokan.
Jadi present value menghitung nilai uang pada waktu sekarang bagi sejumlah uang yang baru akan kita miliki beberapa waktu kemudian. Rumusnya :

                PV = FV n   
Ket :
PV    = Nilai sekarang jumlah uang dimasa depan
FVn  = Nilai masa depan investasi di akhir th ke n
n       = Jumlah tahun hingga pembayaran diterima
i         = Tingkat diskonto tahunan (bunga)
F.    Menangani Arus Kas Tak Seragam Berganda
            Konsep nilai sekarang memungkinkan kita untuk membawara arus kas masa depan kembali ke nilai sekarang dan meninjau arus kas ini dari sudut pandang keuangan saat ini.Apalagi,karna semua nilai sekarang dapat dibandingkan maka,kita dapat menambah dan mengurangi nilai sekang dari pendapatan dan pengeluaran untuk menentukan nilai sekarang suatu investasi.

G.  Anuitas Majemuk (Compound Annuities)
Menyimpan atau peng-investasi-kan sejumlah uang yang sama di akhir tahun dan memungkinkannya tumbuh. Anuitas majemuk melibatkan penyimpanan atau penginvestasiaan sejumlah uang yang sama pada akhir tahun sejumlah tahun tertentu dan membiarkan jumlah itu bertambah.
Rumus :
                FVn = t
Ket :
FVn = Nilai masa depan dengan anuitas di akhir ke n
PMT = pembayaran anuitas yang disimpan atau diterima di akhir tiap tahun
n       = Jumlah tahun berlangsungnya anuitas
i         = Tingkat diskonto tahunan (bunga)
H.  Nilai Sekarang Anuitas
Untuk mengetahui nilai sekarang dari anuitas harus mengikuti rumus berikut :
                PV = PMT
Ket :
PV    = Nilai sekarang anuitas masa depan
PMT = Pembayaran anuitas yang disimpan atau diterima di akhir tahun
n       = Jumlah tahun berlangsungnya anuitas
i         = Tingkat diskonto tahunan (bunga)
I.     Anuitas Jatuh Tempo
            Anuitas jatuh tempohanya mengubah pembayaran akhir tahun menjadi pembayaran awal tahun, maka kita harus memajukkan arus kas dengan satu tahuntambahan. Sehingga hanya jumlah majemuk dai anuitas yang seharusnya menjadi sederhana.
                FVn(anuitas jatuh tempo) = PMT(FVIFAI,n)(1+i)

J.     PINJAMAN YANG DIAMORTISASI
            Pinjaman yang dilunasi dengan cara ini , dengan pembayaran periodik yang sama jumlahnya, disebut pengangsuran pinjaman di amortisasi.

K.   NILAI SEKARANG ATAS ARUS KAS YANG KOMPLEKS
            Kita tidakhanya membandingkan nilai sekarang dari arus kas antar proyek, tetapi juga arus kas masuk dan arus kas keluar dalam suatu proyek secara teliti, untuk menentukan nilai sekarang proyek

L.    ANUITAS ABADI DAN TAK TERBATAS
            Anuitas abadi (perpetuity) adalah suatu anuitas yang berlanjutuntuk selamanya ; yaitu sejak pertama kali setiap tahun investasi ini akan membayarkan jumlah dolar yang sama.

M. CARA AGAR TINGKAT SUKU BUNGA YANG DAPAT DIPERBANDINGKAN  
            Satu satunya cara untuk membandingkantingkat suku bunga secara logis adalah denhan mengubahnya kedalam periode pemajemukkan yang sama dan kemudian membandingkannya.itulah proses pengubahan dalam menghitung persentase hasil tahunan.
            Tingkat suku bunga nominal atau tingkat yang tercantum adalah tingkat suku bunga yang ditetapkan dalam kontrak. Ini adalah tingkat bunga pemajemukkan tahunan yang menghasilkan pengembalian yang sama sebagai tingkat nominal atau tingkat yang tercantum.

N.  Perusahaan multinasional:  Nilai waktu uang
            Tingkat diskonto yang kita pakai untuk menggerakkan uang sepanjang waktu harus mencerminkan pengembalian untuk menunda berkonsumsi. Dan harus mencerminkan inflasi yang telah diantisipasi,dan kita harus menggunakan tingkat bunga atau tingkat diskonto yang tinggi secara ekstrim. Sayangnya, di negara negara yang menderita hyperinflasi tingkat inflasi, cendrung berfluktuasi secara mengejutkan, dan ini membuat estimasi tingkat inflasi yang diinginkan menjadi lebih sulit lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar